0
Dikirim pada 02 November 2016 di Info Menarik Lainnya

Kebutuhan akan listrik tentu sangat diperlukan sekali di semua negara pastinya. Tentu apabila terjadi pemadaman listrik secara tiba-tiba, bisa jadi mengakibatkan suatu hal yang fatal, terutama disini bagi sebuah perusahaan atau industri yang besar. Apabila terjadi pemadaman listrik, maka secara otomatis juga semua alat yang memerlukan energi listrik juga ikut padam. Efek yang lainnya ada sebagian beberapa alat elektronik yang sering mengalami pemadaman listrik tiba-tiba, bisa menimbulkan kerusakan pada alat tersebut, seperti misalanya komputer. Untuk menghindari hal tersebut, maka perlu adanya pemasangan UPS, dimana alat ini berfungsi sebagai alat pengganti sumber tegangan listrik apabila sumber tegangan listrik utama padam. Dengan adanya UPS ini maka bisa menghindari resiko kerusakan pada alat elektronik. Selain menjadi sumber tegangan listrik cadangan, UPS juga bisa difungsikan sebagai stabilizer arus listrik dan juga bisa juga sebagai alat penangkal petir.

Dari beberapa orang yang menggunakan alat UPS ini, masih ada yang kurang begitu paham dalam segi perawatan UPS supaya tetap bisa bekerja secara maksimal.

Berikut saya akan mencoba memberikan beberapa tips supaya UPS bisa selalu bekarja secara maksimal

1. lakukan Uji Pengetesan

Pada saat pembelian sebuah UPS yang baru, meskipun keterangan dari indikator menunjukan terisi penuh, tentu anda harus tetap untuk mengujinya. Pengujian yang bisa dilakukan dengan menghubungkan alat UPS dengan alat elektronik dengan tegangan listrik yang rendah. Setelah itu periksalah kembali apakah indikator UPS tersebut sesuai dengan keterangannya.

2. Selalu Update

Pada saat pembelian UPS yang baru, jangan sampai terlewat pemeriksaan pada batas penggunaan tanggal aki UPS nya, serta disaat penggantian aki berikanlah label/tanggal penggantian aki berikutnya. Perlu diketahui, aki UPS yang sudah melebihi masa pemakaiannya, bisa membuat performa dari UPS sendiri makin menurun.

3. Lokasi Penempatan UPS

Untuk penempatan UPS sendiri, usahakan ruangan tersebut memiliki ventilasi yang cukup untuk pergantian udara. Ventilasi ini memiliki fungsi mendinginkan perangkat aki sehingga bisa memperpanjang umur dari aki. Selalu menjaga kebersihan pada ruangan peletakan UPS

4. Penggunaan Aki UPS

Ketahanan dari aki UPS ini rata-rata penggunaan antara 3 hingga 5 tahun. Kemudian apabila semakin sering UPS ini bekerja, maka semakin mengurangi umur aki UPS sendiri. Meskipun UPS menggunakan aki UPS yang mahal pun, pastinya akan mengalami keausan. Untuk itu sebaiknya usia aki perlu diganti setiap 2 tahun sekali. Hal ini tentu memiliki tujuan supaya terhindar dari kebocoran aki yang bisa menyebabkan umur dari UPS menurun.
 



Dikirim pada 02 November 2016 di Info Menarik Lainnya
comments powered by Disqus


connect with ABATASA